Pages

Followers

Pages

Jumat, 04 Januari 2013

Cara Mudah Mendapatkan Inspirasi Membuat Lagu~

Yo sahabat Reader , ane kali ini mau buat post perdana yang ane buat sendiri :D .
Oke , Blog ane ini isi nya tentang musik karena ane sendiri pencinta musik (Music In My Blood) , ane mau kasih tips dan cara mudah buat teman-teman semua yang punya band atau mau jadi musisi tapi belum punya lagu sendiri . Tanpa di sadari kita semua bisa membuat lagu sendiri tanpa harus meminta bantuan orang lain , ,mungkin butuh sedikit bantuan juga :D . Oke reader , daripada ane bacod mulu , ini ane kasih beberapa tips buat teman-teman yang pengen exis di seni musik (Cius) XD

TIPS-TIPS MEMBUAT LAGU DENGAN MUDAH 

1.Oke , pertama , buat lagu itu gampang-gampang susah , karena untuk buat lagu itu teman-teman harus bisa BERIMAJINASI setinggi langit ke-7 :D . Kenapa begitu ?? Tanyakan saja pada rumput yang bergoyang :D (Kidding) . Oke , kita butuh IMAJINASI (Nada Spongebob) karena untuk membuat lagu , kita pertama harus mencari nada yang pas sesuai aliran yang kita kehendaki . Kalo kalian aliran nya melow , ya buat irama yang nyantai gak bikin tetangga bangun . Kalo aliran nya metal , coba lah teriak di lapangan bola sekuat hati dan suara . Proses membuat irama bisa di lakukan dimana aja . Oleh karena itu , mainkan IMAJINASI (Nada Spongebob) untuk membuat nada . Sebagai contoh , ketika kalian lagi sendiri di rumah , suntuk menyiksa dan tak tau arah mencari alasan (lebay) , cobalah untuk memainkan nada suara dengan Na Na Na~ . COba lah merangkai sebuah nada yang sederhana dan menarik atau menurut kalian bagus . Atau bisa juga buat nada tersebut disaat sedang mandi . Ketika suara air bergemuruh , cobalah memainkan nada asal-asalan yang sederhana . Ketika mendapatkan nada yang dirasa pas dan kalian suka , cobalah mengulang nada itu sampai hapal atau paling nggak sampai selesai mandi (Jangan Lupa Handuknya) . Mainkan IMAJINASI untuk membuat nada yang bagus , ketika mendapatkan nada yang pas , coba lah hapal . Lalu cari nada lain untuk menyambung ke nada sebelum nya dan lakukan terus hingga pikiran tidak mendapatkan IMAJINASI lagi :D . Buatlah nada satu persatu , lalu sambungkan dengan nada yang lainnya hingga menjadi nada yang utuh  untuk sebuah lagu .

2.Wew , yang pertama udah panjang bener yak :D . Jangan berhenti , tips masih panjang , cukup sediakan kopi di meja dan kerupuk 500an aja :D . TIps yang kedua yaitu ketika kalian udah dapat nada yang kalian sukai , karena ini udah tahun 2013 dan jaman canggih serta banyak nya teknologi yang mendunia (Sudah) , cobalah untuk merekam hasil nada yang kalian ciptakan tadi . Usahakan kalian punya alat perekam , mungkin bisa melalui Recording Voice , atau memakai Camera Vidio , atau juga Cam di laptop . Tujuan nya agar nada tersebut tidak hilang dari ingatan alias lupa . Karena mencari satu nada saja bagaikan mencari sebuah kerikil di tengah samudra (lebay lagi) . Minimalnya , usahakan kalian punya HP yang bisa recording suara , karena inspirasi membuat nada bisa datang kapan saja , termasuk ketika ujian dan bersemedi di WC :D .

3.Lanjuttt ?? Siip . Kalian luar biasa . Oke , kalo udah dapat nada yang dicari dengan penuh perjuangan , maka tahap selanjutnya coba merangkai kata-kata dengan nada yang kalian dapat tadi . Buatlah kata-kata yang mempunyai maksud atau tujuan . Misalnya tentang kekasih yang gak pulang selama 3 kali lebaran , rangkai lah kata-kata yang tujuannya menuju ke tema yang kalian inginkan . Buat lah kata-kata yang lain dari yang lain , contoh nya , sering-sering membaca dan mencari kosa kata baru , sehingga menjadi nilai plus juga dalam lirik yang kalian buat . Cukup jelas bukan , lanjuuut~

4.Setelah mendapatkan nada dan sudah dioperasikan ke dalam bentuk kata-kata atau lirik , maka selanjutnya adalah mencari kunci gitar nya atau keyboard (Marwas juga bisa) . Coba lah cari kunci yang lumayan pas sama nada yang kalian dapatkan , Kalo gak bisa main alat musik gitar , minta tolong sama teman yang bisa main gitar atau personil band kalian . Jangan lupa catat dan rekam kalo kalian sudah dapat kunci gitar nya , mainkan nada kalian tadi bersama iringan musik gitar yang sudah kalian dapat kunci nya (Ready to Simpang Lampu Merah) .

5.Oke , setelah selesai , maka diskusikan kepada anggota band kalian tentang lagu yang kalian buat ini , diskusikan apa yang perlu di ganti atau apa yang kurang serta bagaimana permainan nya . Ingat , kekompakan dan masukan dari orang lain bisa membuat lagu menjadi lebih bagus (atau lebih ancur :D) . Kalo kagak punya band atau solo , coba dengarkan ke kerabat yang ngerti musik atau teman mungkin juga pacar atau selingkuhan (Plak) . Dengarkan masukan yang mereka beritahu , kebanyakan mereka akan berkata (Bagus kok) karena mereka yang gak ngerti musik selalu berkata begitu , makanya mainkan ke orang yang sedikit ngerti musik biar tahu dimana kelemahan dan kelebihan lagu yang kalian buat .

6.Setelah menyelesaikan ke-5 tahap tersebut , maka kalian akan mencapai akhirnya . Sempurnakan lah nada sederhana yang kalian ciptakan dari imajinasi tadi alat musik . Jadikan masukan yang diberikan orang yang mendengar lagu kalian sebagai menyempurna lagu kalian . Jangan anggap masukan mereka sampah , kadang kala memang ada yang sampah , tapi gak semua :D . Setelah kalian sempurnakan , maka jangan lupa , rekam kembali hasil akhir nya . Setelah kalian rasa baik , dengarkan kembali kepada orang yang mengerti musik dan dengar tanggapannya (Deg Deg Deg) .

Nah , oke teman-teman , cuma segitu aja tips membuat lagu sederhana nya , terkadang satu nada yang kita dapat bisa menjadi nada yang begitu sempurna . Maka , jangan spelekan nada yang kalian dapat , sejelek atau sesederhana apaapun , jangan di siakan , karena mungkin bisa disempurnakan . 
Semoga bermanfaat bagi kalian semua , dan saya Agy , ini lah blog saya :D (Logat Hitam Putih) .

2 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

About