Pages

About Me

Foto Saya
Saya seorang drummer , drum adalah hidup ku , mengambar adalah selingan ku , membuat lagu adalah kehokian ku :D Hidupku di sibukan dengan kegalauan , setiap mau beli sesuatu pasti mikir nya agak lama :D But , it's me :D

Followers

Pages

Sabtu, 19 Januari 2013

Handal Bermain Drum Eps.1

Oke oke , bagaimana kabar kalian semua ?? Udah bisa belom thenik dasar bermain drum nya ? Kalo udah terbiasa dengan thenik dasar nya sekarang ane coba jelasin sedikit cara bermain drum tetapi memakai semua unit di dalam drum , untuk kali ini mungkin kalian butuh drum / atau mungkin bisa berimajinasi dimana letak Simbal , Snare , Tom , dan Hit-Hat Jam nya . Tapi itu nanti dlu , yang wajib kalian punya adalah sepasang stick drum . Untuk kali ini cukup itu saja :D . Sekarang apa yang akan kita lakukan ?? Stick drum bukan hanya untuk bermain drum , bisa juga untuk mengaruk punggung yang gatal atau untuk memukul gentongan ronda atau untuk ngambil sesuatu di dasar kasur :D . Sekarang waktu nya serius .

Setelah memegang stick drum dengan benar , hangan kebalik ya , makin ke atas makin kecil , artinya yang besar/lebar yang kita pegang . Setelah itu , carilah objek yang akan di pukul bisa jadi kaleng atau kotak yang lumayan kuat (jangan kepala teman ya , apa lagi kepala pacar) . Setelah kalian menemukan objek nya , cobalah untuk memukulnya di satu titik . Agar mudah , coba di kasih spidol di objek itu berupa titik atau lingkarang kecil aja . Oia , usahakan objek nya tidak mudah goyang atau terbang ketika di pukul ya . Nah , sekarang cobalah pukul perlahan objek itu dan jangan keluar dari tanda yang kalian kasih tadi . Mulai dengan perlahan , perlahan , sedikit cepat , tambah sedikit hingga cepat . Usahakan bunyi nya tidak berantakan artinya senada , seperti 'Tak Tuk Tak Tuk Tak Tuk Tak Tuk' dan jangan sampai seperti 'Tak Tuk Tak Tak Tuk Tuk Tuk Tak' . Cobalah berlatih seperti ini pada satu objek itu sampai nada pukulan dari stick drum kalian tidak berantakan . Lakukan rutin agar pergelangan tangan lemas dan terbiasa memainkan pukulan stick drum .

Setelah melakukan tahap di atas , sekarang waktunya untuk bermain tetapi pindah tangan . Maksudnya bukan hanya 1 objek yang di pukul , tetapi ada 2 objek . Kalian butuh benda yang bunyi nya berbeda , kalo bisa objek pertama bersuara agak tinggi dan benda ketua agak rendah . Silahkan cari objek nya dulu ane mau baring dlo .
Ng ?? Udah dapat ?? Nyenyak tidur ane . Nah , letakan objek petama di depan kalian , objek kedua di depan objek pertama . Lalu lakukan pukulan bertubi-tube ke objek pertama dan ingat nada nya jangan berantakan . Setelah melakukan pukulan ke objek satu pindahkan pukulan ke objek 2 tanpa berhenti mengayunkan tangan . Maksud nya tangan kalian berpindah ke objek 2 tanpa adanya jeda , artinya bunyi pukulan tidak berhenti . Terserah kalian melakukan pukulan yang lambat atau kencang asalkan bunyi pukulan kalian tidak terputus hingga bunyi nya seperti 'Drrrtt' . Maksud nya dari tinggi ke rendah tanpa adanya jeda . Lakukan pemukulan brutal ini terus sambil berpindah-pindah objek . Lakukan terus hingga kalian menguasainya . Kalo kalian merasa sudah dewa , maka cobalah tambah objek nya lagi dari 2 menjadi 3 atau 4 objek dengan nada yang berbeda . Lakukan terus hingga kalian merasa sudah terbiasa melakukan pemukulan sambil berpindah objek . Hingga kalian merasa tangan kalian ringan seperti melayang dengan sendiri nya .

Tujuan latihan ini adalah untuk melakukan pemanasan tangan agar kalian tidak salah dalam memukul drum karena kalo di drum salah 1 pukulan saja maka akan rusak semua , kecuali kalian bisa menutupi kesalahan kalian dengan thenik yang kalian miliki alias mengimprovisasikan nya . Tujuan nya juga agar tangan kalian terbiasa memukul dengan stick drum , sehingga kalian tidak binggung atau canggung ketika mau memukul drum . Oke , sekian dulu untuk latihan mahir memainkan drum nya , kalo ada waktu ane post selanjutnya cara mahir memainkan drum dengan drum asli nya tapi tentu saja harus ada drum asli :D

Oke , sampai jumpa semua nya , ane mau lanjut baring lagi .
Zzzz .. . .

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About