Pages

Followers

Pages

Kamis, 17 Januari 2013

Thenik Dasar Bermain Drum

Hoooam , malam gini ane mau post , karena ane mau buat Blog tentang musik , jadi ane mau berbagi tips nii yaitu thenik dasar bermain drum . Karena ane drummer , jadi jangan tanya thenik dasar bermain billiard ( Really ? ) . Oke , sebetulnya thenik dasar ini ane ambil dari vidionya 'Cobus' . Yang belum tau siapa dia , silahkan search di Google dan di Youtube juga banyak vidio nya . Masih muda kok , energik , bermain drum sesuai dengan kesenangan so tidak terfokus ke lagu tapi apa yang dia mainkan masuk di lagu . Oke , buat yang malas buffer atau gak begitu ngerti dengan ucapan Cobus karena dia make bahasa Inggris , ane coba kasih tau dengan cara ane sendiri deh :D

Nah , yang kalian perlukan hanya dua tangan dan dua kaki ( gak boleh minjam punya teman ) . Kalo udah ada , sekarang cari tempat duduk yang gak rendah dan tinggi , cobalah untuk cari tempat duduk yang posisi nya datar dan seimbang . Jika sudah , lebarkan sedikit kaki kalian , dan letakan kedua tangan kalian di paha , tangan kanan di paha kanan , tangan kiri di paha kiri  . Sudah ?? Kalo belum ane tungguin deh .

Sudah ?? Nah , sekarang kalo sudah di posisi yang ane kasih tau tadi , sekarang kita mulai thenik dasar nya . Pertama ada beberapa yang harus kalian perhatikan di sini , karena jujur , menerengkan dengan kata-kata sulit loh ( ini cius loh ) . Ane bakal memakai angka karena itu yang di tunjukin ama agan Cobus :D .

-(11) (2) (33) (4) (55) (6) (77) (88)

Penjelasan :
Angka 1 yang berwarna merah artinya tangan kanan sedangkan warna ungu kaki kanan .
Angka 2 berwarna merah tangan kanan .
Angka 3 berwarna merah berarti tangan kanan dan yang berwarna hijau artinya tangan kiri .
Angka 4 warna merah artinya tangan kanan .
Angka 5 warna merah artinya tangan kanan dan warna ungu artinya kaki kanan .
Angka 6 merah artinya tangan kanan .
Angka 7 merah artinya tangan kanan dan hijau artinya tangan kiri .
Angka 8 merah artinya tangan kanan dan warna biru kaki kanan .

Pokok nya , yang berwarna merah adalah tangan kanan , dan tangan kanan gak berhenti untuk memukul paha kalian ( jangan paha teman ) . Jika sudah tepukan tangan kanan ke paha kanan dengan pelan dan juga hentakan kaki kanan ke tanah serentak dengan tepukan tangan kanan ini , dan lakukan sambil berhitung 1(tepuk paha kanan dan hentakan kaki kanan bersamaan dengan tepukan tangan kanan) , 2 ( di angka 2 tidak ada yang bergerak selain tangan kanan yang terus menepuk paha kanan ) , 3 ( di angka 3 tepukan tangan kanan dan kiri secara bersamaan ke paha masing-masing sebelah kiri dan kanan ) , 4 (hanya tangan kanan ) , 5 (tepukan tangan kanan ke paha kanan bersamaan dengan hentakan kaki kanan) , 6 (hanya tangan kanan) , 7 (tangan kanan dan kiri bersamaan) , 8 (di angka ini , tepukan tangan kanan dan hentakan kaki kiri secara bersamaan dan kembali ke angka 1 lalu lakukan seperti penjelasan yang tadi) .

Usahakan untuk melakukan nya secara bersamaan , jangan sampai tangan duluan memukul daripada hentakan kaki , ataupun sebaliknya . Jika kalian sudah bisa dengan pelan , perlahan naikan tempo kecepatan penepukan . Yang lambat perlahan cepat (Max 40km/jam) . Lakukan terus hingga kalian sudah tidak merasa kaku lagi dalam memainkan peran kaki dan tangan .

Cobalah untuk membayangakan , tangan kanan ada di Hit-Hat Jam , Tangan kiri berada di Snare Drum , kaki kanan adalah Pedal Drum , kaki kanan adalah Hit-Hat Jam . Kalo kalian belum tau apa saja komposisi drum , goggling saja :D . Ini adalah latihan dasar , tapi ketika bermain drum asli tangan akan menyilang , tangan kanan akan berada di posisi kiri , tangan kiri di kanan , itu karena Hit-Hat berada di posisi kiri dan Snare Drum di kanan . Ini hanya latihan agar tangan dan kaki tidak kaku atau kalian bisa mencoba langusung menyilang tangan kalian , hanya beda posisi dan tidak ada yang berupah hitungan angka nya . Lalu bagaimana bisa bermain drum seperti Cobus itu atau Drummer lainnya seperti Jimmy 'Rev' ?? Itu perlu thenik dan skill tinggi , tapi kalo kalian udah tau dasar , pasti bisa . Ane bakal post kok cara bermain drum dengan cepat dan mahir , tapi di post selanjutnya . Untuk kali ini cukup segini , sekian dulu yaa :D . Oia , kalo kalian merasa sulit dengan permainan warna ane , kalian bisa mencoba dengan sebutan lain atau dengan tangan sendiri , tergantung dengan apa yang kalian anggap lebih mudah , yang penting hitungan nya jangan di ubah :D .

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About